Dirut ASDP Resmikan Penataan Pusat Kuliner Pelabuhan Kayangan

19 Desember 2011. editor24

Sebagai bentuk kokohnya kemitraan, Jasa Raharja Cabang NTB tak mau ketinggalan untuk menghadiri peresmian penataan pusat kuliner (food centre) di Pelabuhan Penyebrangan Kayangan sebagai salah satu langkah ntuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna transportasi laut melalui Penyebrangan Kayangan. Dalam kerangka itulah  Pemerintah Provinsi NTB bersama mitra kerjanya seperti PT.ASDP, Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubkominfo) NTB, Jasa Raharja serta pengusaha ferry secara bersama-sama membuka terobosan baru di seputar pelabuhan kayangan sebagai pusat kuliner  yang dikelola langsung oleh masyarakat sekitar Pelabuhan sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM).

Peresmian Penataan Pelabuhan Penyebrangan Kayangan Sebagai pusat kuliner, yang digelar pada, Kamis (15/12)  yang bertujuan untuk mensukseskan Visit Lombok Sumbawa (VLS) 2012 langsung dibuka Wakil Gubernur NTB H.Badrul Munir, Dirut PT ASDP Danang S Baskoro, Kadishubkominfo Ir.Ridwan Syah, MM. MTP, Kepala Cabang Jasa Raharja NTB I Ketut Sudiasa, SE, MM, AAAI-K yang didampingi Kanit Humas dan Hukum I Ketut Suwana, SH, Kanit Teknik Lalu Saripudin, SH, Para pengusaha Kapal serta para tamu udangan lintas intansi lainnya. “Kami sangat menyambut baik pusat kuliner yang dibangun di Pelabuhan Kayangan oleh PT.ASDP,” ujar Wakil Gubernur Dalam kata sambutannya.

Menurut Wagub NTB mengatakan, pusat kuliner di Kayangan sangat mendukung program VSL 2012. Karena pusat kuliner bisa menjadi daya tarik wisata. Pasalnya, selain keindahan alam dan budaya, kelayakan transportasi, kenyamanan. Wisatawan juga sangat senang apabila ada pusat kuliner yang berbasis kerakyatan. “Semuanya membutuhkan peranan kita semua dan seluruh elemen untuk terus bersinergi dalam upaya mensukseskan program VSL 2012 demi kemajuan masyarakat NTB,” papar Wagub.

Sementara itu, Kadishubkominfo NTB Ir.Ridwansyah, MTP, menyebutkan tuntutan mayarakat terhadap jasa penyebrangan semakin meningkat. Temasuk ketersediaan sarana dan prasarana pendukung salah satunya pelabuhan penyebrangan Kayangan. Dengan adanya pusat kuliner tersebut akan semakin menambah daya tarik wisatawan untuk datang ke- NTB. “Kita akan terus menata pelabuhan ini agar mampu memberikan kenyamanan dan daya tarik bagi wisatawan,” ungkap Kadishubkominfo NTB.

Pembangunan pusat kuliner diarea parkir yang sudah ditata rapi tersebut pihak PT.ASDP telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp.4 miliar sementara Dishubkominfo juga telah membangun fasilitas dooking dan melakukan pengerukan supaya pelabuhan kayangan semakin layak dan asri, untuk membangun berbagai fasilitas tersebut Pemprov melalui Dishubkominfo telah menganggarkan Rp.10 miliar. “Pemprov NTB juga telah memasang lampu penerang jalan didalam dermaga,” ujar Ridwan Syah.

Sebagai bentuk tanggungjawab ASDP dalam memberikan kenyamanan bagi para pengguna pelabuhan penyebrangan. Karena itulah, tugas semua komponen terutama masyarakat untuk bersama-sama menjaga semua fasilitas yang telah disediakan tersebut. “Dengan adanya pusat kuliner tersebut, diharapkan para pedagang akan lebih rapi sehingga akan menambah keasrian pelabuhan kayangan,” ujar Dirut PT.ASDP. Danang S Baskoro. *(Humas JR NTB/Suwana)*.