Ditlantas Polda dan JR Kepri Hadir di SDN 002 Lubuk Baja Batam

22 Desember 2012. editor29

Ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu Ditlantas Polda Kepri dan Jasa Raharja Cabang Kepri serta Caplella Honda Batam hadir di Sekolah Dasar (SD) Negeri 002 Lubuk Baja Batam, Jum’at pagi (21/12).

Kehadiran Ditlantas Polda Kepri dan Jasa Raharja Cabang Kepri tidak lain dalam rangka memberikan pemahaman sejak dini tentang sangat pentingnya menjaga keselamatan dalam perjalanan. Terutama keselamatan dalam perjalanan pergi dan pulang sekolah.

AKBP. Serfida, Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kepri mengatakan bahwa kami sangat menyayangi anak-anak sekalian, anak-anak sekalian merupakan generasi penerus bangsa, perjalanan untuk meraih cita-cita masih panjang. Oleh karena itu kami dari Ditlantas Polda Kepri dan Jasa Raharja Cabang Kepri mengajak anak-anak untuk menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, ujar Serfida saat memberikan arahannya.

Selain diberikan arahan tentang arti menjaga keselamatan dalam berlalu lintas juga dipragakan tentang petunjuk-petunjuk pengaturan lalu lintas, seperti pengaturan penyeberangan jalan, rambu-rambu jalan dan tata cara menggunakan helm yang baik dan benar.

Soni Sumono, Kanit Humas dan Hukum Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau pada saat itu berkesempatan juga memberikan pengetahuan tentang fungsi Jasa Raharja untuk masyarakat yang tertimpa musibah kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang umum.

Sepanjang korban kecelakaan lalu lintas jalan itu berada dalam ruang lingkup jaminan berdasarkan ketentuan UU No. 33 dan 34 Tahun 1964 PP No. 17 dan 18 Tahun 1965, akan mendapatkan dana santunan dari Jasa Raharja. Sementara yang tidak dijamin berdasarkan ketentuan kedua undang-undang dan peraturan Pemerintah tersebut seperti ikut serta dalam kegiatan perlombaan kecakapan atau kecepatan (contoh : balapan), bunuh diri dan melakukan perbuatan kejahatan.

Kami berharap anak-anak sekalian supaya menghindari perilaku seperti yang disampaikan itu, dan bersikap prilaku yang baik sesuai dengan yang diajarkan di sekolah dan berilah contoh teladan yang baik bagi lingkungan di tempat tinggal masing-masing, kata Soni.

Selesai memberikan arahan kepada anak-anak, pemberian edukasi itu dilanjutkan dengan peragaan berlalu lintas yang baik dan benar. Dengan penuh keramahan dan kecintaan kepada anak-anak, petugas membimbing anak-anak dilokasi miniatur lalu lintas yang telah disediakan dihalaman sekolah. Tampak anak-anak sangat riang mengikuti bimbingan lalu lintas itu.

Kegiatan ini dipandang positif oleh pihak sekolah, karena kegiatan ini menanamkan pemahaman sedini mungkin tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan pihak sekolah mengucapkan terima kasih serta mengharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali dilain waktu dan kesempatan, demi terciptanya generasi penerus bangsa yang disiplin dan taat terhadap peraturan.**(Humas JR Kepri/Soni).