Jasa Raharja Jatim Peduli Terhadap Generasi Muda Dari Bahaya Laten Laka Lantas

30 Juli 2010. editor05

Para pelajar sebagai generasi muda merupakan aset bangsa yang harus kita bina dan kita kembangkan potensinya, serta keberadaannya harus kita lindungi. Merekalah nanti yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa dimasa depan dan merekalah yang akan menentukan keberadaan bangsa yang kita cintai ini.  Sehingga tugas kita semua  untuk  mendidik agar menjadi generasi yang bermartabat dan berkepribadian serta harus kita selamatkan dari bahaya kecelakaan lalu lintas.

Berdasarkan data dari Ditlantas Polda Jawa Timur jumlah kecelakaan di Provinsi Jawa Timur tahun 2009 adalah sebanyak 12.164 kasus dengan korban sebanyak 20.576 orang yang terdiri dari :

- Meninggal dunia            3.668 orang

- Luka berat                     2.699 orang

- Luka ringan                 14.209 orang

Dari jumlah korban kecelakaan tersebut 20% adalah pelajar dan mahasiswa  yang merupakan generasi muda yang akan meneruskan perjuangan bangsa, sehingga kita harus peduli untuk menyelamatkan mereka-mereka dari bahaya kecelakaan lalu lintas. Untuk itu Jasa Raharja bersama instansi penyelenggara lalu lintas lainnya yaitu  Binamitra Polrestabes Surabaya dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengadakan penyuluhan tentang keselamatan lalu lintas kepada pelajar SMA IPIEMS Surabaya Jalan Menur Surabaya.

Hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Kepala sekolah SMA IPIEM Surabaya Bidang Kehumasan Dra. Ninik Sulastri, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan Dinas Pendidikan Kota Surabaya Drs. Johanes, MPD Kepala Perwakilan Khusus Jasa Raharja Surabaya Budi Hernowo, SH,  Kasi Binwas Dinas Perhubungan Kota Surabaya Ir. Fuad Afandi, MM serta Binamitra Polrestabes Surabaya AKP Muhammad Noor.

Dalam sambutannya Wakil Kepala Sekolah bidang humas Dra. Ninik Sulastri menyampaikan ucapan terima kasih kepada para nara sumber yang telah menyempatkan waktunya untuk memberi penyuluhan kepada para siswa/siswinya tentang keselamatan lalu lintas dan asuransi kecelakaan lalu lintas dan penumpang umum dan berpesan agar para siswa dapat menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Selaku narasumber dalam penyuluhan tersebut Kasubag Humas & Hukum Jasa Raharja cabang Jawa Timur, Purwono, SH, Binamitra Polrestabes Surabaya AKP Mohammad Noor dan Kasi Binwas Dinas Perhubungan Kota Surabaya Ir. Fuad Afandi, MM. Dengan penyuluhan ini diharapkan para pelajar mengerti dan memahami serta dapat melaksanakan tatacara berlalu lintas yang baik dan benar  dan mengerti jika terjadi kecelakaan lalu lintas  di jalan dan kecelakaan angkutan umum dijamin oleh Pemerintah melalui Jasa Raharja berdasarkan Undang Undang Nomor 33 & 34 Tahun 1964.

Penyuluhan tentang keselamatan lalu lintas dan santunan kecelakaan lalu lintas dan penumpang umum kepada para pelajar dan para guru di SMA IPIEMS Surabaya mendapat respon yang sangat baik dari para pelajar. Banyak pelajar yang mengajukan pertanyaan baik kepada Jasa Raharja, Kepolisian dan Dinas Perhubungan, apalagi dalam penyuluhan tersebut disediakan hadiah bagi siswa/siswi yang dapat menjawab pertanyaan dari nara sumber.

 

 

Humas Cabang Jatim – Purwono