JR Sulut Gelar Dialog Publik di Hotel Asthon

23 Mei 2013. Humas Cab. Sulawesi Utara

Bertempat di Hotel Asthon Manado, Jasa Raharja Cabang Sulawesi Utara menyelenggarakan acara tahunan Dialog Publik dengan mengusung tema “Meningkatkan Eksistensi Jasa Raharja Sebagai Asuransinya Masyarakat Indonesia” yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 22 Mei 2013. Sebagai narasumber dalam dialog kali ini, antara lain Kepala Cabang Jasa Raharja Sulut, Sulistianingtias, Dirlantas Polda Sulut, Kombes Pol. Dwi Gunawan, Kadis Hubkominfo Prop. Sulut, Tampubolon, Pengamat Transportasi dan Kebijakan Publik, Ricky Thomson Waworga dan sebagai moderator, Piet Hein Pusung.

Dalam acara ini keynote speaker dibawakan Dirlantas Polda Sulut, Kombes Pol. Dwi Gunawan. Dan di sambutannya memberi harapan kepada peserta agar dengan acara dialog ini, peserta akan semakin mengetahui tugas pokok dan fungsi Jasa Raharja, sehingga apabila setelah selesai acara dialog publik ini peserta dapat membawa hasil yang harus diinformasikan kepada sanak saudara, teman, tetangga maupun masyarakat luas tentang manfaat dari Jasa Raharja dalam memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Beliau juga menghimbau kepada peserta dan masyarakat agar selalu mentaati peraturan lalu lintas dan memberi contoh panutan yang baik dalam berkendara serta jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

Dialog yang disiarkan secara langsung oleh RRI Pro 1 FM Manado, bertujuan untuk mengoptimalkan peran Jasa Raharja dalam rangka mendukung kegiatan pencegahan dan penanggulangan kecelakaan serta menimalisir tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Dengan dialog publik peserta dan masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan narasumber untuk mengetahui eksistensi Jasa Raharja dan jaminan kepastian tentang perlindungan dasar kepada korban kecelakaan lalu lintas sesuai ketentuan UU No. 33 dan 34 Tahun 1964 Jo PP No. 17 dan 18 Tahun 1965.

Dalam kesempatan tersebut, Sulistianingtias, memaparkan bahwa Jasa Raharja Cabang Sulut tidak hanya terfokus pada aktivitas yang bersifat kuratif dengan membayarkan santunan kepada para korban dan ahli waris korban kecelakaan lalu lintas secara mudah dan cepat, akan tetapi Jasa Raharja juga ikut berperan aktif bersama dengan instansi terkait melakukan berbagai program kegiatan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kecelakaan untuk menurunkan angka kecelakaan,” tuturnya. Beliau juga menambahkan bahwa Jasa Raharja Cabang Sulut sedang gencar menggandeng rumah sakit yang belum melakukan kerjasama sebagai mitra kerja, sehingga semua korban kecelakaan yang masuk ke rumah sakit upaya kepastian jaminan biaya perawatan dapat dibayar oleh Jasa Raharja.

Dialog publik yang dihadiri 200 peserta, diantaranya para pelajar, mahasiswa, civitas akademika, pejabat muspida, para jurnalistik media massa dan masyarakat umum. Dialog yang dimulai dari penyampaian materi oleh para narasumber dengan dibimbing oleh maderator. Peserta dialog sangat antusias mendengarkan materi yang dipaparkan oleh narasumber, setelah pemberian materi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dialog semakin menghangat dengan banyaknya pertanyaaan yang diajukan peserta, sehingga dialog berjalan menarik.

Pada akhir acara, sebagai apresiasi kepada peserta yang hadir sampai dengan acara selesai, panitia melakukan pengundian berbagai hadiah lucky draw serta foto bersama dengan narasumber. Sukses.. *(Humas JR Sulut/Himawan)*