KM. Sabuk Nusantara 30 Resmi Beroperasi di Kepulauan Riau

11 Januari 2012. editor29

Bapak Menteri Perhubungan Republik Indonesia, E.E. Mangindaan, didampingi Gubernur Kepulauan Riau, H.M. Sani, menekan tombol sirine yang menandakan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 30 resmi beroperasi di Kepulauan Riau, Senin (9/1).

Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 30 ini dapat menampung penumpang dengan jumlah maksimal 400 orang terdiri dari 376 orang untuk kelas ekonomi, 16 orang kelas II dan 8 orang kelas I serta kapasitas ruang muat 50 ton. Kapal perintis ini melayani pelayaran rute Tanjungpinang, Santete, Serasan, Subi, Ranai, Pulau Laut, Sedanau, Midai, Terempa, Letung dan kembali lagi ke Tanjungpinang dengan waktu 6 hari. Pelayaran rute ini menambah jumlah kapal perintis yang sudah ada yaitu KM. Gunung Bintan dan KM Trigas, guna untuk melayani masyarakat kepulauan.

Sebelum peresmian, Dirjen Perhubungan Laut, Leon Muhammad, menyampaikan laporannya berkaitan dengan pengadaan kapal perintis KM. Sabuk Nusantara 30 untuk Kepulauan Riau dan dilanjutkan dengan jamuan tarian penyambutan tamu. Setelah itu Gubernur, H. M. Sani, menyampaikan kata sambutan. Dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberi perhatian yang lebih atas transportasi laut yang ada di Kepulauan Riau ini, sehingga pada awal tahun 2012 ini Kepulauan riau mendapatkan Kapal Perintis yang baru, sehingga dapat membantu akses tranportasi masyarakat kepulauan.

Hal ini disambut oleh Bapak Menhub dan menyampaikan sambutannya, bahwa dengan adanya penambahan jumlah kapal perintis yang melayani pelayaran antar pulau di kepulauan ini diharapkan dapat membantu masyarakat di Kepulauan Riau ini dalam menggerakkan perekonomian, dan memenuhi kebutuhan tranportasi yang layak dan terjangkau. Diharapkan Kapal Perintis ini dapat di rawat secara teratur sehingga dapat terus menerus melayani masyarakat. Kebutuhan akan alat tranportasi antar pulau di Kepulauan Riau ini sangat tinggi, dengan kinerja kita bersama mudah-mudahan pada tahun 2012 ini kita akan menambah kapal perintis lagi untuk Kepulauan Riau ini, kata Menhub dan disambut tepuk tangan para hadirin dan undangan.

Pada acara peresmian yang di gelar di Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura Tanjungpinang tersebut, hadir Dirjend Perhubungan Laut, Leon Muhammad, Walikota Tanjungpinang, Hj. Suryatati A. Manan, Kepala Cabang PT. Pelni Tanjungpinang, Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Kepri Muramis, Kepala Cabang Jasa Raharja Kepri, H. Isman Danial, SH. MH., General Manajer PT. Pelabuhan Indonesia dan para undangan lainnya.

Walaupun cuaca saat acara tersebut dalam suasana hujan, namun acara peresmian berjalan dengan lancar, dan disambut antusias oleh seluruh masyarakat dan undangan yang turut hadir menyaksikan acara peresmian yang sekaligus pelepasan pelayaran perdana kapal perintis KM. Sabuk Nusantara 30. Semua yang hadir berharap pelayaran kapal perintis ke pulau-pulau dapat berjalan dengan lancar membantu masyarakat kepulauan.  (Humas JR Kepri/Soni)