Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Mitra Binaan JR Jatim

25 Oktober 2012. editor05

Dalam rangka melaksanakan Program Kerja bidang PKBL Tahun 2012, Kepala Cabang Jasa Raharja Jawa Timur H.E. Edward Robani, SE, MM (24/10/2012) membuka Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Bagi Mitra Binaan, yang berlansung dua hari tanggal 24 sd 25 Oktober 2012 di Hotel Bisanta Bidakara Surabaya.

Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Bagi Mitra Binaan Jasa Raharja Cabang Jawa Timur diikuti 30 orang peserta Mitra Binaan, terdiri dari sektor usaha dagang, usaha jasa, jasa boga dan sektor perikanan yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Timur.

Maksud dan tujuan diadakannya Diklat Mitra Binaan ini adalah : untuk merubah pola pikir, sikap dan prilaku mitra binaan, membangun motivasi dalam mencapai kesuksesan agar dapat bersaing dalam usaha global, untuk meningkatkan kemampuan Manajerial Pengelolaan Usaha kecil dan Koperasi sehingga dapat melahirkan para pengusaha yang mandiri dan mempunyai kemampuan daya saing.

Kepala Cabang Jasa Raharja Jawa Timur H.E. Edward Robani, SE, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara mempunyai tugas pokok yaitu memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas jalan dan penumpang umum sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 33 dan 34 Tahun 1964.

Selain Jasa Raharja melaksanakan tugas pokok seperti tersebut diatas Jasa Raharja sebagai BUMN juga diberi tugas tambahan oleh Kementrian BUMN yaitu melaksanakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

Program Kemitraan, yaitu melakukan pembinaan kepada usaha kecil dan koperasi yaitu dengan memberikan bantuan modal usaha dengan bunga ringan untuk mengembangkan usahanya diberbagai sektor usaha seperti perdagangan, industry, jasa, peternakan, kerajinan dan pertanian. Selain itu Jasa Raharja juga melakukan pembinaan kepada para usaha kecil dan koperasi dengan melaksanakan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan skil dan meningkatkan kemampuan dalam mengelola usahanya sehingga usahanya menjadi maju seperti yang kita laksanakan sekarang ini.

Program Bina Lingkungan, yaitu memberikan Bantuan Hibah dalam bidang sarana ibadah, sarana umum, pendidikan, pelestarian lingkungan hidup, dan bencana alam, yang sering kita lakukan diberbagai daerah di Jawa Timur.

Kepala Cabang Jasa Raharja Jawa Timur dalam kesempatan tersebut berpesan kepada seluruh peserta pelatihan kiranya dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, sehingga peserta dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari pelatihan ini untuk mengembangkan usahanya demi kesejahteraan keluarga, masyarakat bangsa dan Negara.

Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Bagi Mitra Binaan diselenggarakan bekerja sama dengan PT. Patmanaba Konsultrama Surabaya sebagai pelaksana dan Instruktur khususnya di bidang kewirausahaan.

Hadir dalam acara pembukaan Diklat Mitra Binaan tersebut adalah Pimpinan PT. Patmanaba Konsultrama Drs. Rachmadi, MM, para Kepala bagian dan Kepala Sub Bagian. *(Humas JR Jatim)*.