PELAYANAN PRIMA SAMSAT SEMARANG II DINILAI OLEH KEMENTRIAN PAN

1 Agustus 2008. Cab. Jawa Tengah

SEMARANG,  Untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dilingkungan pemerintah dan BUMN, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) melakukan penilaian terhadap 25 instansi yang diajukan, dilingkungan Pemerintah Provinsi JawaTengah yang dianggap unggul dalam pelayanan, salah satunya adalah Kantor SAMSAT wilayah Semarang II.

Penilaian di Kantor SAMSAT Semarang II dilakukan pada hari Kamis tanggal 24 Juli 2008. Dalam kunjungan penilaian tersebut, Asisten Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN, M. Sitorus  selaku Ketua Tim Penilai, usai mendengarkan paparan dari Tim Operasional SAMSAT wilayah Semarang-II menyampaikan bahwa metode yang akan dilakukan menggunakan penilaian dengan standar tertentu, termasuk juga melakukan wawancara dengan para pengguna Jasa.

Lebih lanjut M. Sitorus juga menyampaikan bahwa penilaian tersebut untuk mendorong peningkatan pelayanan publik bagi instansi pemerintah serta BUMN.  Kualitas pelayanan publik ini menjadi cermin sumber daya manusia (SDM) yang profesional. Bahkan penilaian ini juga mengendalikan citra kinerja aparatur dalam segala macam jenis pelayanan Publik .  Ditambahkan bahwa penilaian ini mengacu pada Inpres No. 5 tahun 2004 tentang Percepatan  Pemberantasan Korupsi, yang didalamnya mencakup pelayaan Publik cepat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Prov. Jateng Sri. Hardjanto  yang didampingi Kepala Jasa Raharja Jateng H. Mustimar Karimi dan Kabag.Min Regident Polda Jateng Teddy Minahasa, juga menyampaikan bahwa selama ini untuk memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat di Kantor Samsat sudah menggunakan sistem online se Jateng , upaya pemangkasan birokrasi dan penyederhanaan administrasi terus dilakukan.  Saat ini SAMSAT di Jawa Tengah sedang mempersiapkan terobosan baru dengan menggunakan sistem Barcote/Infrared, sehingga dalam melayani nantinya akan menjadi semakin cepat dalam melakukan proses perpanjangan STNK.

Setelah menyimak presentasi dan tanya jawab, Tim Penilai langsung meninjau lapangan dan melakukan wawancara secara langsung kepada para pengguna jasa yang saat tersebut melakukan perpanjangan STNK.  Selesai meninjau Samsat Semarang II,  Tim penilai langsung meluncur untuk melihat langsung ke Samsat DP-Mall yaitu satu-satunya Samsat di Indonesia yang berlokasi di Mall yang  melayani para wajib pajak hingga pukul 21.30 WIB. 

Humas Jateng, Sudiastoro, editor04