PT. NBA Kembali Beroperasi di Aceh

12 November 2011. Humas Cabang Aceh

PT.Nusantara Buana Air (NBA), mulai hari ini, Jumat (11/11), dijadwalkan kembali melayani penerbangan perintis dari Bandara Polonia Medan menuju  tujuh Bandara perintis di Aceh, serta Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, enam hari dalam sepekan, kecuali hari Minggu.

Khusus penerbangan dari Bandara SIM dilakukan tujuh hari dalam seminggu menuju enam Bandara perintis. Dari Blang Bintang menuju Bandara di Nagan Raya dan Sinabang  setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Sedangkan penerbangan ke Bandara di Tapaktuan setiap hari Minggu.

Kabid Perhubungan Udara Dishubkomintel Aceh, Ir Bustamam, mengatakan Dirjen Perhubungan Udara RI kembali mengizinkan PT NBA mengoperasikan pesawat perintis, setelah hampir 1,5 bulan dievaluasi, ternyata jatuhnya pesawat Cassa 212-200 milik PT NBA di lereng Pegunungan Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumut, 29 September 2011 ketika terbang dari Medan ke Kutacane, Aceh Tenggara, bukan karena masalah teknis pesawat, tapi karena cuaca.

“Karena itu PT NBA tidak dibekukan, namun dalam penerbangan perintis ini PT NBA mengontrak pesawat Susi Air. Bukan karena pesawat Cassa tak layak terbang, melainkan sedang dipakai di Palembang, Sumatera Selatan untuk memancing hujan buatan dengan cara menabur garam ke awan. Saat ini Palembang lagi musim kemarau, hujan diperlukan apalagi saat ini sedang berlangsung Sea Game di sana,” kata Bustamam kepada Serambi kemarin.

Didampingi Kepala Perwakilan PT NBA Banda Aceh, M Nur Hasan, Bustamam, menyebutkan kapasitas pesawat Susi Air 12 seat (kursi). Karena itu, jadwal penerbangan ditambah dari sebelumnya dua kali seminggu saat menggunakan pesawat Cassa (18 seat), kini menjadi rata-rata empat kali dalam seminggu.

“Sesuai kontrak dengan PT NBA, jadwal penerbangan perintis tahun ini mulai dari Februari-31 Desember 2011. Tiket murah karena sudah disubsidi Pemerintah Pusat dalam APBN. Sedangkan tiket dapat diperoleh di semua perwakilan NBA di kabupaten/kota,” demikian ujar, Bustamam.

http://aceh.tribunnews.com/2011/11/11/nba-kembali-beroperasi-di-aceh