Rapat Koordinasi tim pembina Samsat Bengkulu

21 Juni 2012. editor22

Bertempat diruang rapat Kadispenda Bengkulu dilaksanakan rapat Tim Pembina Samsat yang dihadiri Ka.dispenda Bengkulu Yusmaraningsih, S.Sos beserta jajarannya, Kasi STNK Kompol. M. Reza SIk  Kasi. BPKB Kompol Safii Maulana Sik Poda Bengkulu, Kepala Cabang Jasa Raharja Bengkulu, Sulistianingtias dan juga dihadiri oleh Asisten III Bidang Administrasi & Keuangan  Provinsi Bengkulu. Drs. H. Zaianl Abidin

Rapat yang di pimpin langsung oleh Asisten III memfakuskan UU. No. 28 tahun 2009 tetang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah serta Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu No. 2 tahun 2011, yang mengatur bahwa, Tarif Pajak Kendaraan (PKB) untuk kendaraan Alat-alat besar ditetapkan sebesar 0,2 %, dan Tarif Bea Balik Nama Kendaran Bermotor (BBKN) Termasuk pengertian Kendaraan Bermotor alat-alat berat adalah kendaraan bermotor yang digunakan di semua jenis jalan darat di kawasan Bandara, Pelabuhan laut, Perkebunan, Kehutanan, Pertanian, Pertambangan, Industri, Perdagangan, Sarana Olah Raga dan Rekreasi yang tidak serta merta berjalan di jalan umum, Termasuk dalam pengertian  kendaraan bermotor alat-alat berat dan alat besar antara lain Forklif, Bulldozer, Traktor, Whel Loader, Log Loader, Scaper, Shovel, Motor Grader, Excavator, Back How, Vibrator, Compactor Skider Dan Lain-lain yang dipersamakan yang semuanya harus dikenakan pajak sebagai sumber pendapatan asli daerah ( PAD ), sebab Pajak kendaraan Bermotor ( PKB ) merupakan salah satu nafas kehidupan daerah, yang digunakan sebagai modal menata pelaksanaan pemerintahan untuk pembangunan daerah, oleh karenanya, kebijakan pemerintah harus menunjukan dan memiliki komitmen Yang kuat untuk melaksanakan keputusanan yang sudah ditetapkan.

Hasil rapat mensepakati bahwa segera melakukan pendekatan dan sosialisasi dengan peruasahaan perusahaan besar maupun kecil yang memiliki kendaraan alat-alat berat untuk memberikan data-data kendaraan alat beratnya, kemudian  memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak di Kantor Samsat. *( Humas JR Bengkulu)*.