Relokasi dan Peresmian Samsat Online di Banjarmasin

3 April 2013. editor13

Apresiasi terhadap wajib pajak, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Kalimantan Selatan merelokasi Samsat Corner di Duta Mall Banjarmasin. Pada hari Kamis (28/3) acara peresmian dilangsungkan sekaligus launching Samsat Online bertepatan dengan HUT Dinas Pendapatan Daerah yang dihadiri oleh Kepala Cabang Jasa Raharja Kalimantan selatan, H.M.Agus Hartadi,SE., didampingi Kanit Keuangan, H.Hendra Fakhruddin, SE., dan Kanit Teknik, Sucahyo, SE.

Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, M.Arsyadi, sekaligus pengguntingan pita di pintu masuk Samsat Corner yang berada di depan lantai dasar Duta Mall Banjarmasin didampingi Dirlantas Polda Kalsel, Ermayudi Sumarsono, Kepala Cabang Jasa Raharja Kalimantan Selatan, H.M.Agus Hartadi,SE., dan Kadispenda, Drs.H.Gustafa Yandi. Pemotongan itu merupakan tanda telah diresmikannya Relokasi Samsat Corner dan Launching Samsat Online.

Relokasi itu merupakan keinginan masyarakat yang menghendaki adanya tempat lebih representatif, sehingga pelayanan dapat ditingkatkan. “Kami memperkenalkan pada masyarakat luas, akan adanya layanan Samsat Online untuk daerah Banjarmasin, Banjarbaru dan Martapura,” kata Kadispenda Kalsel, Drs.H.Gustafa Yandi.

Dijelaskannya, Samsat Online diterapkan di luar Kantor Induk Dinas Pendapatan Daerah. Ini suatu kelebihan dibanding dengan daerah lainnya, memiliki sistem online hanya di Kantor Pusatnya saja. Anjungan Informasi Pajak Kendaraan Bermotor Mandiri Online, Komputer Touch Screen yang akan memberikan informasi berapa jumlah pajak tahunan akan dibayar. Bahkan masyarakat bisa melihat informasi pajak kendaraan bermotor untuk wilayah se Kalsel. Secara bertahap kedepannya, anjungan itu ditambah di masing-masing UPPD se-Kalsel agar masyarakat bisa lebih mudah membayar pajak tanpa melalui calo lagi.

“Setiap wajib pajak bila datang ke Samsat Corner Banjarmasin, ditanya petugas apakah untuk membayar pajak online atau regular. Samsat online bagi wajib pajak memiliki kendaraan bermotor daerah Banjarbaru dan Martapura, sedang regular untuk wajib pajak memiliki kendaraan bermotor khusus wilayah Banjarmasin,” kata H.Gustafa Yandi.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Cabang Jasa Raharja Kalimantan Selatan, H.M.Agus Hartadi,SE,” Tujuan dibukanya Samsat Mall ini untuk mendekatkan jarak pelayanan serta untuk mengintensifkan pengeloaan pajak, termasuk di dalamnya pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang pengelolaannya diamanahkan Pemerintah kepada Jasa Raharja “.

Dalam kesempatan tersebut Dirlantas Polda Kalsel, Ermayudi Sumarsono, Kepala Cabang Jasa Raharja Kalimantan Selatan, H.M.Agus Hartadi,SE, Sekdaprov Kalsel, M.Arsyadi, dan Kadispenda, Gustafa Yandi, mengacungkan telunjuk sebagai simbol pelopor keselamatan berlalu lintas usai peresmian relokasi Samsat Corner dan Launching Samsat Online di Duta Mall Banjarmasin.*(Humas JR Kalsel)*