Samsat se-NTT Siap Menuju Pelayanan Prima

9 Agustus 2011. danni

Kepala Cabang Jasa Raharja Nusa Tenggara Timur (NTT), Markus Horo, mengatakan, seluruh jajarannya siap mendukung pencanangan pelayanan prima yang akan dilaksanakan di seluruh Samsat di NTT.

Pencanangan pelayanan prima diprakarsai  Direktur Lalu Lintas Polda NTT, Kombes. Gde Sugianyar Dwi Putra, di Kantor Samsat Kota Kupang Kamis (4/8). Pada kesempatan itu hadir Kasat Lantas Polres se-NTT, Dinas Pendapatan Daerah , Ombudsman Perwakilan NTT dan NTB, dan Kepala Jasa Raharja.

Pencanangan itu sekaligus menjadikan Kantor Samsat Kota Kupang sebagai model pelayanan prima bagi samsat lainnya, karena hakekat pelayanan publik adalah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat.

Setelah melihat proses pelayanan di samsat, para kasat lantas diharapkan mampu menerapkan di daerah masing-masing. Mengingat pelayanan cepat dan transparansi sudah saatnya diterapkan. Meskipun kantor Samsat Kota Kupang masih menempati gedung sementara setelah musibah kebakaran April lalu, semangat  Tim Pembina Samsat Nusa Tenggara Timur menjadikan kantor samsat tersebut sebagai model pelayanan prima, mendapat dukungan penuh seluruh pegawai tiga instansi yang bergabung di dalamnya, yakni Kepolisian, Jasa Raharja, dan Dinas Pendapatan Daerah.

Dengan pencanangan itu, pola pelayanan di samsat diharapkan lebih baik dari pelayanan selama ini sehingga akan berdampak positif terhadap penerimaan daerah. (Humas JR NTT/Rusna)