SELURUH SAMSAT DI JAWA TENGAH ON LINE, SEBAGIAN BESAR RAIH SERTIFIKASI ISO 9001:2000

19 Februari 2008. Cab. Jawa Tengah

Selain peluncuran sertifikasi ISO 9001:2000,  di tempat dan acara yang sama telah diresmikan pembukaan kantor samsat baru antara lain Samsat DP-Mall, Samsat Pulau Karimunjawa, Samsat Semarang Keliling  dan Renovasi 11 Gedung Samsat yang ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah Hadi Prabowo didampingi Kepala Dipenda Jateng Kusdijanto BW.

Kepala Dipenda Jawa Tengah dalam sambutannya mengatakan, bahwa Samsat DP-Mall yang melayani masyarakat dari jam 9.00 WIB hingga jam 21.00 WIB dan semua samsat di seluruh Jawa Tengah lainnya sudah menggunakan sistem on line, dengan demikian para wajib pajak akan mendapatkan pelayanan yang baku mulai dari tahap pendaftaran, penetapan, penyerahan pembayaran sampai dengan pencetakan. Keuntungan lain, para wajib pajak bisa melakukan pembayaran tanpa harus dipersulit dengan alasan domisili dan lain sebagainya.  Dan pada tahun ini kami telah mentargetkan 10 kantor samsat lagi untuk bisa mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2000, demikian papar Kusdijanto BW.

Menurut Menpan Taufik Effendi,  Jawa Tengah dinilai layak menjadi percontohan bagi instansi serupa di seluruh Indonesia. Sebab, hampir seluruh Kantor Samsat di Jawa Tengah telah mendapatkan Sertifikasi Sistem Managemen Mutu (SMM) ISO 9001:2000.  Dengan demikian Samsat wilayah Jateng telah melakukan transparasi dalam pelayanan kepada publik, yang selama ini dalam pandangan masyarakat terkesan tertutup, sulit, ribet dan birokratis. Hal ini bisa menambah kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik

Sebelum peluncuran, upaya sosialisasi telah dilakukan oleh Kepala Dipenda Jateng Kusdijanto Bambang Wihardjo, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol. Drs. Gatta Chairuddin, SH dan Kepala PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Tengah Drs. J. Sitorus yang disampaikan secara langsung dalam acara Dialog Interaktif dengan masyarakat melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI) Regional Jawa Tengah, selain melalui mass media lainnya.

Acara tersebut telah dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Jateng Hisyam Alie beserta tamu undangan lainnya, serta Direktur Operasi PT. Jasa Raharja (Persero) Jakarta  H. Hamka Santri Anom,  selaku Team Pembina Samsat Pusat.

Semarang, Sudiastoro, editor04.

Menpan Taufik Effendi saat memencet tombol sirine sebagai tanda peluncuran sertifikasi ISO 9001:2000 didampingi Kapolda Jateng Irjen Pol. Dody Sumantyawan HS, Sekda Prov. Jateng Hadi Prabowo, Ka.Dipenda Jateng Kusdijanto BW, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol. Drs. Gatta Chairuddin,SH dan Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (Persero) Jateng Drs. J. Sitorus.

Tampak dalam gambar paling kiri Direktur Operasi PT. Jasa Raharja (Persero) H. Hamka Santri Anom selaku Team Pembina Samsat Pusat menghadiri peluncuran sertifikasi ISO 9001:2000.

Ka.Dipenda Jateng (nomor dua dari Kanan) , Dirlantas Polda Jateng (Tengah) dan Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (Persero) Jateng (Kiri) telah melakukan Dialog Interaktif dengan masyarakat Jawa Tengah yang disiarkan langsung melalui Televisi Republik Indonesia (TVRI) Regional Jawa Tengah. (13/2/2008)