Info Utama

28 Agustus 2019, Humas Riau

JR Cabang Riau Adakan Pendidikan Dan Pelatihan Pengemudi Dan Awak Angkutan Teladan (ABDIYASA) Tahun 2019

(27/8) Jasa Raharja Riau menyelenggakan Pendidikan Dan Pelatihan Pengemudi dan Awak Angkutan Teladan (Abdiyasa) Tahun 2019. Bertempat di Prime Park Hotel Pekanbaru kegiatan ini berjalan dengan meriah dan lancar. Diklat ini diikuti oleh sebanyak 40 (empat puluh) peserta dari berbagai Perusahaan Otobus (PO) yang tersebar di seluruh penjuru Riau.

Kegiatan Diklat ini berlansung selama dua hari mulai tanggal 27-28 Agustus 2019. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian Diklat dibuka dengan pemukulan Gong oleh Kepala Urusan Pencegahan Kecelakaan Divisi Pelayanan  Jasa Raharja, Bapak Triadi, SH.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan di Ball Room Prime Park Hotel Pekanbaru, kali ini beliau menyampaikan dasar pemikiran Jasa Raharja menyelenggarakan Diklat. Pengemudi atau supir merupakan salah satu komponen yang vital karena bisa jadi satu sopir membawa 50 orang nyawa (penumpang) . menurutnya kasus kecelakaan di jalan raya dan korban yang ditimbulkan cukup tinggi. Tugas pemerintah adalah bagaimana menekan dan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

 

“Dengan kegiatan diklat ini diharapkan bisa membangun budaya dan karakter pengemudi yang berkeselamatan” Tuturnya. Selanjutnya, para pengemudi harus taat, tertib, dan disiplin berlalu lintas di jalan raya. Jika itu semua bisa dipenuhi, maka potensi terjadinya kecelakaan bisa ditekan bahkan dihindari.

Selanjutnya di isi oleh motivation through hypno therapy oleh Bapak Benny, S.Psi. Kemudian peserta diklat juga melakukan kunjungan ke Terminal Tipe A BRPS Pekanbaru yang diisi oleh Henry Tambunan, S.Sos., selaku Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A BRPS Pekanbaru.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Jasa Raharja terhadap Angkutan Umum yang ada di Riau” tutur Abdillah selaku ketua panitia. Kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas Jasa Raharja Riau dengan instansi terkait, Dirlantas Polda Riau, Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Riau Kepri, Rumah Sakit Syafira, Rumah Sakit Prima, dan Bank BRI Cabang Sudirman. Dimana masing-masing instansi memberikan materi kepada para pengemudi dan diadakan juga pengecekan kesehatan gratis dari Rumah Sakit Syafira dan Prima serta dibuatkan rekening BRI untuk setiap pengemudi.

Diklat ini diberikan kepada para pengemudi angkutan umum secara gratis. Intinya pengemudi harus tahu dan sadar bagaimana mengemudikan kendaraan yang baik dan berkeselamatan.