Info Utama

19 Agustus 2019, Humas Riau

Employee Training Cabang Riau Menuju SDM Unggul

Pekanbaru (17/8) - Di Era Digital dan menyambut Revolusi Industri 4.0, diperlukan Sumber Daya Manusia yang unggul di berbagai bidang yang berkembang. Tantangan tersebut harus juga dijawab oleh Jasa Raharja dengan mengembangkan potensi dan kompetensi pegawainya. Sebanyak 57 pegawai Jasa Raharja Riau mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) kehumasan digelar di Hotel Royal Asnof, Pekanbaru, 17 dan 18 Agustus 2019, untuk memperkuat kompetensi pegawainya.

 

"Penguatan kompetensi pegawai dibutuhkan terkait kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh seorang pegawai berupa pengetahuan, keterampilan, dan sikap perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya," kata Herry Kesuma, Kepala Cabang Jasa Raharja Riau, di Pekanbaru, saat membuka Diklat Kehumasan Cakap Menguasai Media Sosial, Fotografi, dan Teknik Wawancara Pers.

 

Menurut Herry, dalam melaksanakan tugas dan jabatannya, maka pegawai harus mampu mengimplementasikannya sesuai "SKA (skill=keahlian, knowledge= pengetahuan, dan action= tindakan) sehingga ke depan bisa menjadi humas yang handal atau siap menjadi corong terdepan apalagi dalam menghadapi era digital kini.

 

Herry mengatakan, memasuki era digital kini, maka tulisan merupakan "harimaumu" yang artinya apapun yang ditulis oleh pegawai Jasa Raharja hendaknya bisa memberikan "auman" atau gaung yang besar, dalam menggencarkan sosialisasi dan edukasi tentang Jasa Raharja pada masyarakat.

 

"Masyarakat harus terus diedukasi, apalagi menyangkut hak dan kewajibannya terhadap Jasa Raharja, serta keberadaan Jasa Raharja sebagai penjamin pertama dalam kasus lakalantas terkait penyerahan santunan," katanya.

 

Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mempunyai tugas utama menjalankan UU. No. 33 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang (DPWKP) dan UU No. 34 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, dan ini harus bisa disampaikan ke masyarakat baik secara langsung didepan forum maupun melalui media sosial.

 

Oleh karena itu, melalui diklat Kehumasan Cakap Menguasai Media Sosial, Fotografi, dan Teknik Wawancara Pers, diharapkan bisa menjadi bagian dari upaya bersama dalam mempertahankan prestasi rangking pertama yang telah di raih oleh Kantor Jasa Raharja Cabang Riau untuk kategori bidang pelayanan. Diklat ini merupakan lanjutan diklat yang sudah dilaksanakan sebelumnya di Kantor Perwakilan Dumai dan Loket Kanto Cabang.

 

Narasumber diklat tersebut yakni wartawan senior Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Riau, Riski Maruto dan Frislidia yang memaparkan materi berkaitan dengan membuat relis menggoda, dilengkapi dengan kiat-kiat pintar menulis berita serta bagaimana membuat konten medsos yang menarik.

 

Pegawai Jasa Raharja Riau antusias mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan serta tingginya keinginan mereka untuk menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh narasumber.

 

Selain memeriksa hasil penulisan berita oleh narasumber, kegiatan diklat dirangkaikan dengan pemberian hadiah bagi 3 peserta terbaik serta hiburan berasal dari sejumlah pegawai yang cakap bernyanyi. (Humas Riau/Vie/2019)