Info Utama

24 Juli 2015, Humas JaBar

Rangkaian Kegiatan PAM Lebaran 2015 JR Tasikmalaya

Mudik / pulang ke kampung halaman menjelang hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi tahunan sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di Ibukota / Perkotaan. Dalam skala besar dan waktu yang bersamaan, arus mudik dengan menggunakan moda transportasi darat, laut dan udara setiap tahunnya mengundang berbagai permasalahan sosial yang mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, seperti kecelakaan lalu lintas, kemacetan dan lain-lain. Betapa tidak ribuan pengguna kendaraan bermotor, mulai dari sepeda motor, mobil pribadi, bus angkutan umum, kereta api dan alat angkutan umum lainnya keluar dari wilayah ibu kota / kota-kota besar lainnya menuju beberapa daerah di Jawa, Sumatera, Sulawesi dan pulau-pulau yang tersebar di wilayah Indonesia.

Mengantisipasi kondisi tersebut, JR Tasikmalaya melakukan rangkaian kegiatan PAM Lebaran 2015, mulai dari H-7 s/d. H+7, baik yang dilakukan sendiri maupun secara terpadu dengan instansi terkait lainnya. Kegiatan diawali dengan peninjauan jalur mudik oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Drs Moechgiyarto SH,M.Hum yang melintasi  jalur utama bagian selatan pulau Jawa yang berada di wilayah kerja Perwakilan Tasikmalaya yang membentang dari Kabupaten Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar sampai dengan perbatasan Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan yang berlangsung di Jalan Raya Lingkar Gentong Kab. Tasikmalaya tersebut dihadiri oleh Kaper JR Tasikmalaya, H. Sugito, SE.

Kegiatan lain yang dilakukan JR Tasikmalaya yaitu, mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2015, di wilayah Polres Garut, Tasikmalaya, Tasikmalaya Kota, Ciamis dan Banjar, pemasangan spanduk himbauan keselamatan berkendara, pembuatan Rest Area bagi para pemudik dibawah koordinasi Kantor Pusat, penjemputan penumpang bus Mudik Gratis Jasa Raharja, pemberian bingkisan Aksi Simpatik kepada petugas PAM Lebaran Terpadu, Checking Bus Angkutan Lebaran, Posko Pelayanan Kesehatan Gratis/MUKL, menyiagakan petugas Piket PAM Lebaran untuk pendataan korban kecelakaan periode H-7 s/d.H+7 dan Pembayaran Santunan secara Simbolis periode H-7 s/d.H+3 Lebaran 2015 bersama Mitra Kerja Kepolisian.

Rabu, 22 Juli 2015, JR Tasikmalaya melakukan pembayaran santunan korban meninggal dunia sebanyak 21 Berkas dan 6 Berkas diantaranya dibayarkan di KPJR Tingkat II Kab. Garut. Semoga dengan dilaksanakannya seluruh rangkaian kegiatan PAM Lebaran 2015 di wilayah kerja Perwakilan Tasikmalaya,  benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya pemudik maupun korban dan keluarga korban kecelakaan serta mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya pada periode H-7 s/d. H+7. *(Humas JR Jabar/ Tasikmalaya/IC)*.