Info Utama

09 Juli 2015, Humas Lampung

Survey Terpadu Jalinsum Menjelang Arus Mudik Lebaran di Lampung

Provinsi Lampung merupakan pintu gerbang menuju Pulau Sumatera sehingga setiap tahunnya jumlah kendaraan yang melintas sangat banyak. Menjelang arus mudik Lebaran tahun ini, diadakan survey terhadap wilayah yang menjadi pusat arus mudik. Survey bersama dilaksanakan oleh Ditlantas Polda Lampung dan Jasa Raharja Cabang Lampung. Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengecek kesiapan lokasi-lokasi yang memang menjadi titik-titik kemacetan maupun titik-titik yang rawan terjadinya laka lantas.

Kepala Cabang Lampung, Triyugara, didampingi Kasubag SW, Humas & Hukum, M. Himawan bersama dengan Dirlantas Polda Lampung, Kombespol Syamsu Riani Darussalam, meninjau dan berkoordinasi dengan petugas di lapangan khususnya di wilayah Bakauheni, Lampung Timur, Tulang Bawang, Mesuji dan Metro. Survey didahului dengan mengunjungi pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan yang merupakan pintu masuk menuju Pulau Sumatera dan menjadi titik kepadatan setiap tahunnya.

Beberapa tikungan tajam yang rawan kecelakaan menjadi pusat perhatian dari tim. Pencegahan dilakukan dengan mendirikan pos di sekitar lokasi yang rawan serta penjagaan dari petugas kepolisian. Selanjutnya survey dilakukan di Lampung Timur yang akan dilalui oleh pemudik yang akan menuju ke Sumatera Selatan.

Wilayah Tulang Bawang menjadi perhatian berikutnya karena di wilayah ini tepatnya di Terbanggi terdapat jalur yang memisahkan pemudik yang menuju ke Sumatera Selatan dan Bengkulu. Di wilayah Mesuji, tim melakukan koordinasi dengan petugas yang berjaga di wilayah Sumatera Selatan untuk melakukan pencegahan maupun penanganan laka lantas.

Diharapkan dengan adanya survey kesiapan dan antisipasi arus mudik tahun 2015 ini, dapat mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan bagi para pemudik khususnya yang akan memasuki dan melintas di wilayah Provinsi Lampung.  (Humas JR Lampung/ M.Himawan/Krisna)*