Info Utama

26 Februari 2018, Humas SumBar

Tingkatkan pemahaman karyawan, JR Sumbar adakan diklat perpajakan dan sharing knowledge

Pajak merupakan salah satu aspek penting dalam keberlangsungan jalannya pemerintah tidak hanya dalam dunia ekonomi saja namun bisa berperan dalam segala bidang. Pada dasarnya pajak merupakan sebuah kewajiban bagi semua warga negara yang menikmati atau menggunakan fasilitas umum. Hal ini dilakukan tidak lain dan tidak bukan kembali kepada masyarakat. Uang dari pembayaran pajak akan digunakan untuk pembenahan atau perbaikan fasilitas umum seperti jalan, jembatan dan lainnya agar masyarakat tetap nyaman dan aman dalam melakukan aktivitasnya. Begitulah pesan yang disampaikan oleh Daniel Napitupulu, salah satu narasumber diklat perpajakan dari KPP Pratama Padang 2. Diklat ini diselenggarakan pada hari Sabtu (24/02) di Aula lantai 2 Kantor Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat.

 

Diklat perpajakan ini dibuka oleh Kepala Bagian Operasional, Lalu Saripudin, dan diikuti oleh hampir seluruh pegawai Jasa Raharja Cabang Sumatera Barat. Sesi kedua dari diklat ini berfokus pada cara pengisian E-Filling untuk pelaporan pajak tahunan yang dibimbing oleh Lucky Freza Indra yang juga berasal dari KPP Pratama Padang 2. Lucky mengingatkan bahwasanya pelaporan pajak tahunan untuk tahun 2018 sudah bisa dilakukan dari tanggal 1 Januari 2018 lalu, dan jangan menunda sampai pada batas akhir pelaporannya yaitu tanggal 31 Maret 2018 untuk menghindari terjadinya kendala yang tidak  diinginkan.

 

Sharing Knowledge pegawai yang telah melaksanakan diklat

Pada sesi akhir diklat perpajakan ini juga diselenggarakan sharing knowledge oleh pegawai yang selesai mengikuti Diklat di kantor Pusat. M. Sofyan Arifin berbagi ilmu tentang penerapan Manajemen Risiko, Ryki Abdullah tentang tata cara kearsipan dan Alfin Syahrin tentang akuntansi dan perpajakan. Diharapkan pada sharing session ini bisa meningkatkan pengetahuan dan pemahaman karyawan dalam menjalankan pekerjaannya sesuai dengan SPO yang telah ditetapkan. (Humas JR Sumbar/donifm/18/VAL-Ed)